PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 1 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Dian Fauzia Utami, 1401419065 (2023) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 1 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419065_Dian Fauzia Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Game online adalah permainan yang dapat dilakukan oleh banyak pemain yang saling terhubung melalui internet. Penggunaan game online dapat menimbulkan berbagai dampak bagi siswa. Beberapa dampak kecanduan game online adalah pada minat belajar dan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar dan kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal berjumlah 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 103 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi game online, minat belajar, dan kedisiplinan belajar. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara game online terhadap minat belajar ditunjukkan dengan thitung  ttabel yaitu 6,625  1,983 dan korelasi keduanya sebesar -0,550 atau sedang. Besar sumbangan game online sebesar 30,3%; (2) Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara game online terhadap kedisiplinan belajar ditunjukkan dengan thitung  ttabel atau 7,158  1,983 dan korelasi keduanya sebesar -0,580 dalam kategori sedang. Besar sumbangan game online terhadap kedisiplinan belajar sebesar 33,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara game online terhadap minat belajar dan game online terhadap kedisiplinan belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah, guru maupun orang tua hendaknya dapat membantu siswa untuk menurunkan kecanduan game online, sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan kedisiplinan belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa upaya yaitu kerja sama antara orang tua dan guru, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, terapi dan konselor teman sebaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Minat Belajar, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:06
Last Modified: 08 Oct 2024 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64716

Actions (login required)

View Item View Item