PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG


Silvia Nisa Amalia, 1401419051 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419051  - Silvia Nisa Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pada pelaksanaan pra penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Gajahmungkur 02, Kota Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dapat diketahui beberapa permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPS di kelas V, yaitu kurangnya fasilitas media pembelajaran IPS yang menunjang, dan media pembelajaran berbasis elektronik belum tersedia di sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pengembangan produk media, menilai kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran flipbook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran flipbook pada materi IPS. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Pada pelaksanaan jenis penelitian ini, peneliti menerapkan 8 langkah yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi yang ada pada kelas V SDN Gajahmungkur 02, Kota Semarang sebanyak 28 siswa dan penggunaan pemakaian media flipbook dengan jumlah 19 siswa. Hal ini dikarenakan karena 9 siswa telah digunakan sebagai sampel pada uji coba produk dengan teknik purposive sampling, maka 19 siswa digunakan sebagai populasi pada uji coba pemakaian. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teknik tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis produk menggunakan analisis kelayakan media, analisis tanggapan guru dan siswa, analisis uji normalitas, dan analisis uji t serta N-gain. Hasil pengembangan dalam bentuk media pembelajaran flipbook yang isinya terdiri dari sampul pembuka, prakata, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran, indikator pembelajaran, materi pembelajaran, video pembelajaran, soal evaluasi, daftar pustaka, biodata penulis, dan sampul penutup. Hasil penelitian diketahui bahwa media flipbook sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia dengan persentase kelayakan penyajian sebesar 98,44% dan kelayakan isi sebesar 95,31% dengan kategori “sangat layak”. Keefektifan media flipbook ditujukan dengan hasil uji perbedaan rata-rata uji-t dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050. Pada hasil uji-t thitung 13,636 > ttabel 2,09 dengan hasil Ha diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Pada peningkatan rata�rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,65 dengan kriteria sedang. Pada uji keefektifan media diketahui juga melalui perhitungan uji keefektifan media. Pada pengolahannya media flipbook memperoleh skor 88% dengan kategori “efektif” digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran flipbook pelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia sangat layak dan efektif digunakan sebagai penunjang sarana pembelajaran siswa kelas V. saran penelitian selanjutnya adalah perlunya perbaikan pada desain media dan menambah gambar serta tampilan yang variatif untuk menarik minat siswa dalam belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Flipbook.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:04
Last Modified: 08 Oct 2024 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64715

Actions (login required)

View Item View Item