ANALISIS UPAYA PEMBIASAAN NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI SDN PEDALANGAN 02 BANYUMANIK KOTA SEMARANG
Farda Madalia Al Faradis, 14014184333 (2023) ANALISIS UPAYA PEMBIASAAN NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI SDN PEDALANGAN 02 BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Pembiasaan nilai karakter dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan, mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai kepribadian pada diri peserta didik. Latar belakang dari penelitian ini adalah temuan oleh peneliti pada saat pra penelitian di SDN 02 Pedalangan. Peneliti menemukan adanya perbedaan yang cukup signifikan pada karakter peserta didik SDN 02 setelah dilaksanakanya pembelajaran dalam jaringan akibat pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui upaya, hambatan dan solusi yang dilakukan guru serta pihak sekolah dalam melakukan pembiasaan nilai karakter pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 1, guru kelas 4, serta peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mendeskripsikan upaya guru dalam pembiasaan nilai karakter pada peserta didik menjadi 3 indikator sebagai pusat penelitian, diantaranya: (1) upaya guru terhadap perencanaan pembiasaan nilai karakter; (2) upaya guru terhadap Pelaksanaan pembiasaan nilai karakter; (3) upaya guru terhadap evaluasi pembiasaan nilai karakter penilaian dan tindak lanjut. Guru juga bekerja sama dengan orang tua dalam pelaksanaan pembiasaan nilai karakter. Hambatan yang paling berpengaruh dalam pembiasaan nilai karakter pada peserta didik yaitu pandemi covid-19 yang berdampak pada sistem pembelajaran serta sistem pembiasaan yang telah dirancang sebelumnya. Guru dan pihak sekolah juga mengambil beberapa tindakan sebagai solusi dari hambatan yang dihadapi dalam pembiasaan nilai karakter agar pembiasaan nilai karakter tetap berlangsung dengan sebaik mungkin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan nilai karakter di SDN Pedalangan 02 sudah diimplementasikan dan diusahakan dengan baik oleh guru dan pihak sekolah. Pembiasaan nilai karakter telah siintegrasikan dalam pembelajaran dan juga di luar pembelajaran baik melalui kegiatan ekstrakulikuler maupun kegiatan rutin. Hambatan yang ditemui oleh guru dan pihak sekolah juga sudah diatasi dengan solusi terbaik yang diambil oleh guru kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Nilai Karakter, Peserta didik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:54 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64712 |
Actions (login required)
View Item |