PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET DIGITAL MATERI POLA LANTAI TARI JARAN KEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DERMOLO KABUPATEN JEPARA


Amabelista Permata Cinta, 1401418379 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET DIGITAL MATERI POLA LANTAI TARI JARAN KEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DERMOLO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418379_Amabelista Permata Cinta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan bahan ajar yang belum mengenalkan bahan ajar digital pada materi pola lantai tari jaran kepang. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan keefektifan bahan ajar booklet digital materi pola lantai tari jaran kepang kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model rancangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SD Negeri 2 Dermolo Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar booklet digital didesain dengan bentuk portrait tampilan penuh warna dan mudah diakses siswa menggunakan perangkat komputer maupun smartphone. Bahan ajar booklet digital materi pola lantai tari jaran kepang memuat teks materi pola lantai, gambar bentuk-bentuk pola lantai, dan video tari jaran kepang. Kelayakan bahan ajar melalui penilaian ahli bahan ajar digital memperoleh 97,2% termasuk ke dalam kualifikasi sangat layak dan penilaian dari ahli materi sebesar 79,2% termasuk ke dalam kualifikasi layak. Keefektifan bahan ajar booklet digital diketahui dari hasil belajar akhir siswa dan hasil uji t-test yang memperoleh hasil t hitung > t tabel. Simpulan penelitian adalah hasil belajar seni tari meningkat dengan adanya bahan ajar booklet digital materi pola lantai tari jaran kepang. Saran dalam penelitian ini hendaknya bahan ajar booklet digital materi pola lantai tari jaran kepang dapat dijadikan bahan ajar penunjang pembelajaran dan sekolah dapat memfasilitasi guru untuk mengikuti pelatihan pengembangan teknologi sehingga guru dapat mengembangkan bahan ajar digital yang inovatif agar siswa mudah memahami dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Booklet Digital, Pembelajaran Seni Tari, Pola Lantai, Tari Jaran Kepang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:45
Last Modified: 08 Oct 2024 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64708

Actions (login required)

View Item View Item