HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SDN GUGUS RA KARTINI KABUPATEN PATI


Anis Widyastuti, 1401418367 (2023) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SDN GUGUS RA KARTINI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418367_ANIS WIDYASTUTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Seni Tari di kelas V SDN Gugus RA Kartini belum optimal. Masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik internal maupun eksternal, diantaranya yaitu efikasi diri dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara: 1) efikasi diri terhadap hasil belajar seni tari; 2) minat belajat terhadap hasil belajar seni tari; dan 3) efikasi diri dan minat belajar terhadap hasil belajar seni tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 132 siswa kelas V SDN Gugus RA Kartini Kabupaten Pati. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik proportional sampling dengan sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskesdastisitas, dan autokorelasi. Selanjutnya analisis data dengan statistik desktiptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar Seni Tari siswa, nilai rhitung = 0,231 dan termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 5,3%, sedangkan sisanya 94,7% dipengaruhi oleh fakor lain; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Seni Tari siswa nilai rhitung = 0,353 yang termasuk dalam kategori rendah. Besar kontribusi 12,5%, sedangkan sisanya 87,5% dipengaruhi oleh faktor lain; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar seni tari siswa nilai rhitung = 0,357 yang termasuk dalam kategori rendah serta berkontribusi sebesar 12,8% sedangkan 87,92 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar seni tari dapat berhasil apabila didukung dengan minat belajar yang disertai efikasi diri siswa yang tinggi. Saran dalam penelitian, hendaknya guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran Seni Tari yang ideal dan siswa lebih percaya diri terhadap kemampuannya agar minat belajar Seni Tari siswa meningkat serta hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran Seni Tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:40
Last Modified: 08 Oct 2024 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64706

Actions (login required)

View Item View Item