PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS IV SDN 1 CAWAS


Sarifah, 1401418362 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS IV SDN 1 CAWAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418362_SARIFAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa merupakan pembelajaran yang mengajarkan bahasa, sistem bahasa Jawa, kaidah bahasa Jawa, sastra Jawa dan nilai-nilai budaya Jawa. Pembelajaran Bahasa Jawa berbantuan media bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN 1 Cawas, belum digunakannya media pembelajaran interaktif berbasis teknologi pada muatan pelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik sehingga hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites materi aksara Jawa kelas IV. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Pada uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas IV dan uji skala besar dengan jumlah 30 siswa di SDN 1 Cawas. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 92,5% kriteria sangat layak dengan perbaikan, dan oleh ahli media mendapat presentase 97,3% kriteria sangat layak dengan perbaikan. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebesar 0,574 dengan kategori sedang serta uji t-test diperoleh t hitung (7,303) > t tabel (2,042) maka Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu media media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa pada materi aksara Jawa layak digunakan dan efektif dalam peningkatan hasil belajar. Saran penelitian adalah media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas IV pada muatan pelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, Google Sites, aksara Jawa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:38
Last Modified: 08 Oct 2024 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64705

Actions (login required)

View Item View Item