PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 GINGGANGTANI KABUPATEN GROBOGAN


Hana Pratiwi, 1401418356 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 GINGGANGTANI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418356_HANA PRATIWI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN 2 Ginggangtani pada semester 2 tahun 2022 ditemukan permasalahan berupa keterbatasan media, yaitu berupa gambar yang dicetak kecil pada kertas. Selain itu alat pendukung seperti proyektor, laptop, dan speaker kurang dimaksimalkan karena hanya digunakan sesekali saja pada proses pembelajaran. Cakupan materi yang terlalu luas, sulit untuk dinalar oleh siswa, serta penggunaan media yang kurang optimal pada pembelajaran sehingga siswa kurang antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar PPKn rendah. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan e-book berbasis Mind Mapping pada muatan pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Ginggangtani. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan e-book berbasis Mind Mapping pada muatan pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Ginggangtani. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penelitian dan diadaptasi Sugiyono menggunakan 8 langkah, yaitu (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Ginggangtani yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-book berbasis Mind Mapping layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 93,3% (sangat layak), kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 98,2% (sangat layak), dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 98,3% (sangat layak). E-book dengan berbasis Mind Mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Ginggangtani berdasarkan uji t memperoleh sig. (2tailed) sebesar 0,000< 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest serta uji peningkatan rata-rata (N-Gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,567 atau 0.57 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah e-book berbasis Mind Mapping yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya masyarakat. Saran penelitian selajutnya dapat mengembangkan dan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-book; Mind Mapping; PPKn; Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:35
Last Modified: 08 Oct 2024 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64704

Actions (login required)

View Item View Item