PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SDN 1 KUTOHARJO KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL


Ardhina Nur Annisa, 1401418350 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SDN 1 KUTOHARJO KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418350_ARDHINA NUR ANNISA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kutoharjo pada muatan pelajaran IPS ditunjukkan dengan persentase siswa yang belum mencapai KKM sebesar 32%. Hal ini disebabkan oleh permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan memahami materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan karena siswa menganggap materi dalam muatan pelajaran IPS membosankan dan hanya mempelajari materi yang dihafal saja serta media pembelajaran sangat terbatas. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik, inovatif sesuai perkembangan siswa dan memudahkan guru dalam mengajarkan materi IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SDN 1 Kutoharjo Kaliwungu Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan dari model Borg and Gall yang terdiri atas sepuluh langkah diantaranya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas V berjumlah 34 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis microsoft sway layak digunakan dengan persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 88,75% (sangat layak) dan presentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 96,42% (sangat layak). uji perbedaan rata-rata pretest adalah 57.04 dan rata-rata posttest adalah 77.61. uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran berbasis Microsoft Sway, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:33
Last Modified: 08 Oct 2024 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64703

Actions (login required)

View Item View Item