HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


M. Aditya Wildan Arrosyid, 1401418339 (2023) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418339_M. Aditya Wildan Arrosyid.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas V SDN di Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang menunjukkan hasil belajar IPS masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan hipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah perhatian orang tua dan minat belajar. Pandemi covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan sehari-hari, termasuk pembelajaran di sekolah. Pembelajaran jarak jauh menjadi keharusan bagi banyak siswa selama masa pandemi ini. Hal ini memunculkan banyak tantangan, seperti kesulitan dalam membangun minat belajar, kurangnya interaksi langsung dengan guru dan teman sekelas, dan kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji dan menganalisis hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS; (2) menguji dan menganalisis hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar; (3) menguji dan menganalisis hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 127 siswa Kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebesar 80% sebanyak 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 44,3% dan nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Minat belajar; dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:30
Last Modified: 08 Oct 2024 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64702

Actions (login required)

View Item View Item