PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MA KELAS X DI KOTA SEMARANG
Ananda Zalfa Firdaus, 2303419046 (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MA KELAS X DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa MA kelas X, diantaranya yaitu: (1) kurangnya metode pembelajaran yang menarik perhatian siswa, (2) kurangnya penguasaan kosakata siswa, dan (3) kurangnya pemahaman materi keterampilan menulis bahasa Arab. Akibat permasalahan tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam mengungkapkan ide menjadi sebuah karangan sederhana. Sedangkan kegiatan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa MA kelas X sampai pada tahap mengarang. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melahirkan ide-ide kreatif siswa dalam menulis, membantu siswa berkreasi semenarik mungkin dalam menciptakan hal baru, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keterampilan menulis bahasa Arab. Salah satunya dengan metode pembelajaran berbasis mind mapping. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis bahasa Arab, (2) bagaimana purwarupa metode pembelajaran berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis bahasa Arab, dan (3) bagaimana validasi ahli dan guru serta revisi desain terhadap purwarupa metode pembelajaran berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MA kelas X di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method/kuantilatif dan menggunakan desain penelitian dan pengembangan research and development (R&D) model Hannafin & Peck. Peneliti hanya menyelesaikan sampai tahap kedua, yaitu tahap revisi setelah validasi ahli dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa membutuhkan metode pembelajaran yang dapat memaksimalkan keterampilan menulis bahasa Arab. Kedua, purwarupa metode pembelajaran dibukukan dengan bentuk booklet yang disusun seperti RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar. Ketiga, hasil penilaian ahli metode pembelajaran, ahli bahasa Arab dan guru sebagai praktisi terhadap metode pembelajaran berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MA kelas X di Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor total 344,5 kategori layak dengan predikat bagus. Sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa MA kelas X.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping, Keterampilan Menulis Bahasa Arab |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:37 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64694 |
Actions (login required)
View Item |