ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH PADA KONTEN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK
Winda Nur Lathifah, 2303419045 (2023) ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH PADA KONTEN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kecenderungan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, tentunya membantu para pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Kehadiran aplikasi TikTok yang strategis, menjadikan pendidik dapat memanfaatkannya untuk inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada Penelitian kali ini, peneliti memfokuskan penelitian pada aplikasi TikTok dengan menggunakan teori ahli Norman Fairclough yang hanya mengambil dua proses analisis, yakni mikrostruktural wacana dan mesostruktural wacana. Mikrostruktural wacana meliputi unsur kosa kata, kalimat, dan makna leksikal. Adapun mesostruktural wacana meliputi produksi dan konsumsi wacana. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis wacana kritis konten-konten video pembelajaran bahasa Arab pada TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah video TikTok yang memuat konten pembelajaran bahasa arab dan komentar pengguna internet (netizen) terhadap video terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti memanfaatkan metode simak dengan teknik dasar sadap dan lanjutan SLC dengan teknik catat. Teknik keabsahan data berupa teknik ketekunan atau keajegan pengamatan serta perpanjangan waktu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, kartu data, dan lembar rekapitulasi.Terdapat 20 data konten video dengan jumlah panjang teks 752 kata, dan 128 kalimat yang telah memenuhi syarat sample pada penelitian kali ini. Pada klasifikasi berdasarkan kosakata, ditemukan 2 kelompok kolokasi, dan 10 kelompok set. Klasifikasi kalimat berdasarkan konteks komunikasi ditemukan 15 kalimat interogatif, 45 kalimat deklaratif, 6 kalimat eksklamatif, 20 kalimat imperatif, sedangkan berdasarkan klasifikasi bentuk susunan kalimat ditemukan sejumlah 5 teks argumentasi, 1 teks eksposisi, 1 teks deskripsi, dan 0 teks narasi. Adapun kategori makna leksikal ditemukan sejumlah 156 nomina, 23 adjektiva, dan 46 verba. Latar belakang produksi konten dapat diketahui dari tipe jenis akun, Adapun pada hasil analisis konsumsi teks ditemukan keberagaman model penyampaian komentar, baik yang menunjukkan ketertarikan, berupa kritik maupun saran, dan komentar berbalas antar netizen dan atau content creator. Produksi konten pembelajaran bahasa Arab pada aplikasi TikTok yang dilakukan secara berkesinambungan dengan tampilan yang menarik dan kekinian dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap bahasa Arab, dan dapat mematahkan stigma masyarakat terkait bahasa Arab yang sulit dan rumit.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Wacana Kritis, Teori Fairclough, Video Pembelajaran Bahasa Arab, TikTok |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:33 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64693 |
Actions (login required)
View Item |