PENGEMBANGAN METODE SCAFFOLDING BERBASIS TEORI BELAJAR VYGOTSKY DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS XI MA/SMA DI KOTA SEMARANG


Serly Novianti, 2303419006 (2023) PENGEMBANGAN METODE SCAFFOLDING BERBASIS TEORI BELAJAR VYGOTSKY DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS XI MA/SMA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2303419006_SERLY NOVIANTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran terutama pada keterampilan berbicara bahasa Arab kelas XI MA/SMA yang dianggap kurang menyenangkan dan dianggap sulit. Paradigma ini didasari oleh banyak faktor, diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dan beragam. Dalam kegiatan pembelajaran, guru lebih sering menggunakan satu metode atau dua metode namun tidak di inovasikan dengan metode pembelajaran yang lainnya. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, memandirikan siswa dan meningkatkan hubungan sosial kultural antar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satunya dengan pengembangan metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky dalam Keterampilan berbicara Bahasa Arab untuk Siswa Kelas XI MA/SMA di Kota Semarang, (2) bagaimana purwarupa metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky dalam keterampilan berbicara bahasa Arab untuk siswa kelas XI MA/SMA di Kota Semarang, (3) bagaimana validasi ahli dan guru serta revisi desain terhadap purwarupa metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky dalam keterampilan berbicara bahasa Arab untuk siswa kelas XI MA/SMA di Kota Semarang. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky. Kedua, prototipe dari pengembangan metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky ini memuat (1) halaman sampul depan dan belakang, (2) halaman tema, (3) halaman materi, (4) halaman KI, KD, dan Indikator, (5) langkah-langkah pembelajaran guru dan siswa dengan metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky, (6) langkah-langkah pembelajaran guru dan siswa dengan metode scaffolding berdasarkan pendekatan scientific (kurikulum 2013), (7) langkah-langkah pembelajaran guru dan siswa dengan metode scaffolding berdasarkan kurikulum merdeka belajar, (8) evaluasi pembelajaran dengan metode scaffolding berbasis teori belajar Vygotsky, (9) penilaian keterampilan berbicara, (10) tentang penulis, (11) daftar pustaka. Ketiga, penilaian pada aspek kelayakan penyajian isi memperoleh total nilai rata-rata 37, aspek kelayakan penyajian metode memperoleh nilai rata-rata 20,5, dan aspek kelayakan bahasa dengan nilai rata-rata 24,25. Nilai keseluruhan aspek dengan total 83,5 termasuk dalam kategori layak/baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode, Scaffolding, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:26
Last Modified: 08 Oct 2024 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64691

Actions (login required)

View Item View Item