Keefektifan “La Gymnastique de la Parole” Untuk Memperbaiki Kemampuan Pelafalan Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011.


Lena Listia K.S , 2301406027 (2011) Keefektifan “La Gymnastique de la Parole” Untuk Memperbaiki Kemampuan Pelafalan Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan “La Gymnastique de la Parole” Untuk Memperbaiki Kemampuan Pelafalan Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Keefektifan “La Gymnastique de la Parole” Untuk Memperbaiki Kemampuan Pelafalan Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah salah satu kompetensi berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai. Dalam penguasaanya, pelafalan merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki pembelajar bahasa asing. Pelafalan adalah bagaimana cara mengungkapkan, bagaimana cara berbicara. Bagi siswa SMA, pelafalan bahasa Prancis sangat sulit karena adanya perbedaan antara ejaan dan pengucapannya. Karena kesulitan-kesulitan tersebut siswa memerlukan teknik yang menarik agar tidak bosan dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan La Gymnastique de la Parole. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode La Gymnastique de la Parole dalam memperbaiki pelafalan pada siswa kelas XI bahasa SMA N 2 Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen dengan metode one group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, yaitu metode La Gymnastique de la Parole dan variabel terikat, yaitu kemampuan pelafalan pada siswa. Responden dalam penelitian ini sebanyak 11 orang, yaitu semua siswa kelas XI bahasa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode rekam, dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai daftar nama siswa, metode rekam untuk menyimpan data mengenai tes membaca puis, sedangkan metode tes untuk mengetes responden pada awal pertemuan (pretest) dan posttest pada siswa setelah diberi pembelajaran menggunakan La Gymnastique de la Parole. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk. Guna menguji reliabilitas tes dalam penelitian ini digunakan rumus KR-21. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan metode La Gymnastique de la Parole dalam pembelajaran pelafalan pada siswa kelas XI Bahasa SMA N 2 Ungaran mempunyai pengaruh positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai responden pada pretest dan posttest. Pada pretest rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 6,39 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 5,33. Sedangkan pada posttest rata-rata nilai siswa yaitu 8,27 dengan nilai tertinggi 9,33 dan nilai terendah 7. Berdasarkan pada standar kriteria penilaian di SMA nilai 8,27 termasuk dalam kategori baik. Dari perhitungan pada pretest dan posttest dengan menggunakan rumus t-test diperoleh hasil thitung=7, 46 dari ttabel=1,81. Jadi thitung>ttabel sehingga hipotesis “pembelajaran dengan menggunakan metode La Gymnastique de la Parole efektif dalam memperbaiki pelafalan pada siswa kelas XI Bahasa SMA N 2 Ungaran” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelafalan, Phonétique Française, La Gymnastique de la Parole, Prancis
Subjects: P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 03:54
Last Modified: 25 Apr 2015 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item