PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS 5 MI DI GUNUNGPATI


Feni Wulandhani, 2303418050 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS 5 MI DI GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2303418050_Feni Wulandhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab terutama dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. Hal tersebut dikarenakan bahasa yang masih sangat asing pada siswa dan bahasa Arab bukan bahasa sehari-hari. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media Diorama untuk keterampilan berbicara agar memudahkan siswa untuk belajar bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana analisis kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran diorama untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 5 MI di Gunungpati 2) bagaimana prototipe media diorama untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 5 MI di Gunungpati. 3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap desain produk diorama untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 5 MI di Gunungpati dan 4) bagaimana perbaikan-perbaikan media diorama untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 5 MI di Gunungpati. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), tahapan penelitian ini diperoleh melalui non tes. Instrumen data non tes yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media Diorama. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pertama guru dan siswa menghendaki media Diorama dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan materi Kebun Binatang dan Profesi. Kedua prototipe media dengan berupa komponen yang meliputi kosakata, kartu evaluasi, kartu materi, dan recorder. Ketiga penilaian ahli media, ahli materi dan guru menunjukkan hasil kesesuaian yaitu aspek kelayakan media dengan skor rata-rata (sangat layak). Pada aspek kelayakan isi/materi memperoleh nilai rata-rata 3.93 (sangat layak). Pada aspek kelayakan penyajian memeperoleh nilai rata-rata 3.83 (sangat layak). Pada aspek kelayakan grafis memiliki nilai rata-rata 3.85 (sangat layak). Berdasarkan paparan tersebut, maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran Diorama termasuk dalam kategori sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Diorama, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:23
Last Modified: 08 Oct 2024 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64689

Actions (login required)

View Item View Item