PENGEMBANGAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN DEMAK MATERI KERAGAMAN SOSIAL MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn


Shofwatin Nimah, 1401418330 (2023) PENGEMBANGAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN DEMAK MATERI KERAGAMAN SOSIAL MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418330_Shofwatin Nimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan pembelajaran di SDN Kenduren 1 yaitu keterbatasan media. Hanya menggunakan gambar yang ada dibuku siswa dan buku guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Demak, Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Subjek penelitian meliputi subjek uji coba skala kecil berjumlah 9 siswa dan uji pemakaian skala besar berjumlah 17 siswa kelas V SDN Kenduren 1. Variabel dalam penelitian ini variabel bebas yaitu media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Demak dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yaitu (pre-test dan post-test) dan non tes yang terdiri dari (wawancara, observasi dan dokumen). Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal Kabupaten Demak berbentuk buku cetak yang berisi materi keragaman sosial masyarakat. (2) persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 90%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 68%, dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 96%. (3) media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal Kabupaten Demak efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kenduren 1 berdasarkan uji t memperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest dan uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal Kabupaten Demak yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn materi keragaman sosial masyarakat. Saran peneliti selanjutnya dapat dikembangkan pada materi dan muatan pelajaran lainnya dengan memperbaiki desain dan menambah referensi untuk memperdalam materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pop up book, PPKn, kearifan lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:18
Last Modified: 08 Oct 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64687

Actions (login required)

View Item View Item