KEEFEKTIFAN MEDIA ARABIC LUDO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG


Indah Fajar Rahmawati, 2303418037 (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA ARABIC LUDO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2303418037_Indah Fajar Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan bahasa yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca dan menulis siswa SMP Sultan Agung 1 Semarang tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Oleh karena itu perlu adanya penerapan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab. Masalah yan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan keefektifan media Arabic Ludo dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan keefektifan media Arabic Ludo dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen dengan pola Quasi Experimental Design(eksperimen semu). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan yaitu berupa tes lisan dan tertulis. Instrumen nontes yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknis analis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai kelompok kelas eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kelas kontrol. Besarnya nilai rata-rata posttest keterampilan membaca dan menulis kelompok kelas eksperimen berturut-turut adalah 83,81 dan 88,08 meningkat dari nilai rata-rata pretest sebelumnya adalah 65,19 dan 63,54. Adapun pada kelompok kelas kontrol diketahui bahwa rata-rata hasil pretest keterampilan membaca dan menulis berturut-turut sebesar 66,67 dan 66,83, dan rata-rata nilai posttest sebesar 82,5 dan 84,08. Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test, hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media pembelajaran Arabic Ludo efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Arabic Ludo, Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:19
Last Modified: 08 Oct 2024 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64686

Actions (login required)

View Item View Item