PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI MOTION KINETIC TYPOGRAPHY PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB UNTUK KELAS VIII SMP MULTAZAM SEMARANG
Febrina Ika Widyaningrum, 2303418022 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI MOTION KINETIC TYPOGRAPHY PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB UNTUK KELAS VIII SMP MULTAZAM SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Membaca adalah bekal bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan secara mandiri. Siswa dapat menangkap dan memahami simbol atau pesan tertulis seperti kosakata, makna dan juga tata bahasa khususnya pada pembelajaran bahasa Arab. Namun bagi siswa kelas VIII SMP Multazam membaca merupakan suatu kegiatan yang monoton dan membosankan. Kurangnya daya tarik siswa terhadap materi menyebabkan guru mengalami kendala saat kgiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti berupaya mengembangkan media yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Media edukasi menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik sehingga dapat menambah motivasi siswa untuk belajar khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, prototipe produk, dan hasil penilaian ahli serta perbaikan terhadap pengembangan media edukasi motion kinetic typography pada keterampilan membaca bahasa Arab untuk Siswa Kelas VIII SMP Multazam Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kualitatif (mixed methods) dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, kuesioner atau angket, dan observasi dalam pengambilan data. Hasil penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII SMP Multazam Semarang menunjukkan bahwa membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran bahasa Arab yang membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Komponen dalam media meliputi materi mufrodat dan teks bacaan dengan tema الساعة. Prototipe produk pengembangan media edukasi Motion Kinetic Typography pada keterampilan membaca bahasa Arab ini berbentuk video yang dapat dijalankan di semua jenis PC dan gadget dengan atau tanpa koneksi internet. Media ini terdiri dari materi kosakata dan materi cerita pendek. Hasil validasi ahli dan guru bahasa Arab terhadap prototipe media edukasi ini dapat disimpulkan bahwa penilaian pada segi media meliputi: (1) aspek rekayasa perangkat lunak; (2) aspek komunikasi; (3) aspek audio; dan (4) aspek visual memperoleh total nilai rata-rata 93 (sangat layak/sangat sesuai). Sedangkan penilaian pada segi kebahasaan meliputi: (1) aspek kelayakan isi; (2) aspek kelayakan penyajian; dan (3) aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai total rata-rata 93 (sangat layak/sangat sesuai). Dengan demikian media edukasi Motion Kinetic Typography pada keterampilan membaca bahasa Arab sangat layak digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Multazam Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Motion Kinetic Typography, Keterampilan Membaca Bahasa Arab. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64683 |
Actions (login required)
View Item |