KESULITAN BERHITUNG STUDI KASUS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KENDALSERUT 01 KABUPATEN TEGAL


Elsa Almatiin Jayawardhani, 1401418259 (2023) KESULITAN BERHITUNG STUDI KASUS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KENDALSERUT 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418259_Elsa Almatiin Jayawardhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berhitung merupakan salah satu bidang matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempelajari suatu hitungan yang berupa penjumlahan, pengurangan dan sebagainya. Tingkatan sekolah dasar memiliki capaian belajar berhitung, dan ketika kemampuan berhitung yang dimiliki siswa tidak mencapai pada kemampuan belajar berhitung tersebut, siswa akan mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesulitan berhitung pada siswa kelas II SD Negeri Kendalserut 01 Kabupaten Tegal. Untuk mengatasi kesulitan berhitung yang dialami oleh siswa, dapat diketahui melalui indikator-indikator kesulitan berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui guru kelas II, siswa kelas II, dan orang tua siswa kelas II. Data sekunder diperoleh melalui foto kegiatan berhitung, dan arsip dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan berhitung yang dialami oleh siswa yaitu tidak lancar berhitung, sulit mengenal angka, terjadi kesalahan ketika berhitung, kurang memahami konsep matematika, tertukar pemahaman tentang lambang operasi matematika atau simbol matematika (>, <, x, :, -,+), kesulitan menghafal rumus matematika, kesulitan dalam memilih rumus yang tepat untuk memecahkan soal matematika, ketidakmampuan siswa dalam mengoperasikan soal yang diberikan, kesulitan dalam teknik menyimpan dan meminjam. Faktor yang paling mempengaruhi kesulitan berhitung siswa kelas II SD Negeri Kendalserut 01 yaitu faktor lingkungan. Untuk mengatasi faktor penyebab tersebut, perlu upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan bimbingan individual, perhatian khusus kepada siswa berkesulitan berhitung, dan komunikasi kepada orang tua siswa untuk selalu mendampingi siswa dalam belajar ketika di rumah. Upaya yang dilakukan oleh orang tua yaitu memotivasi anaknya untuk terus belajar, selalu mendampingi dan membimbing anaknya, membatasi antara jam bermain dengan waktu belajarnya, serta membawakan anaknya untuk belajar dengan anggota keluarga yang lain. Disarankan kepada guru dan orang tua untuk lebih memperhatikan perhatian terhadap siswa dalam belajar dan memperhatikan perhatian khusus untuk dapat mengatasi kesulitan berhitung yang dialami oleh siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berhitung; kesulitan berhitung.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:05
Last Modified: 08 Oct 2024 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64677

Actions (login required)

View Item View Item