PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF WAYANG MODERN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI PLEBURAN 03 KOTA SEMARANG


Afri Isma Pakamundi, 1401418224 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF WAYANG MODERN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI PLEBURAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418224_AFRI ISMA PAKAMUNDI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan peneliti di SD Negeri Pleburan 03 Kota Semarang melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, peneliti menemukan beberapa permasalahan khususnya pada muatan pelajaran PPKn yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang interaktif dan kurang adanya inovasi. Penggunaan metode ceramah dan hafalan juga membuat siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran PPKn terutama materi Pancasila, oleh karena itu peneliti membuat Media Interaktif wayang Modern Berbasis Kearifan Lokal dengan tujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media serta untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D). Populasi pelitian yaitu seluruh siswa kelas III B SD Negeri Pleburan 03 Semarang yang berjumlah 30 siswa. Media Interaktif Wayang Modern Berbasis Kearifan Lokal telah melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi dengan hasil validasi penilaian kelayakan mendapatkan presentase 80% berpredikat sangat layak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji T-test dan uji N-gain. Berdasarkan data hasil uji normalitas nilai pretest kelompok besar menunjukkan bahwa 0,074 > 0.05 sehingga data berdistribusi normal dan hasil uji normalitas nilai posttest kelompok besar menunjukkan bahwa 0,062 > 0.05. Jadi nilai pretest dan posttest keseluruhannya berdistribusi normal. Hasil t-test menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest siswa sebelmu dan sesudah penggunaan media, hal tersebut menunjukan adanya pengaruh yang bermakna. Hasil uji peningkatan rata-rata (N-gain) mengalami peninngkatan rata-rata (N�Gain) sebesar 0,333 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah Media Interaktif Wayang Modern Berbasis Kearifan Lokal sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKN materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan Media interaktif Wayang Modern Berbasis Kearifan Lokal pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dan ruang lingkupnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal; Media Interaktif; Nilai Pancasila; Wayang Modern
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:59
Last Modified: 08 Oct 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64667

Actions (login required)

View Item View Item