PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES MATERI CERITA FIKSI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD SUPRIYADI SEMARANG
Faishal Nur Rahman, 1401418199 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES MATERI CERITA FIKSI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD SUPRIYADI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diperoleh permasalahan yang terjadi di SD Supriyadi Semarang. Beberapa diantaranya adalah media pembelajaran yang adaptif dengan teknologi dan internet saat mewabahnya Covid-19 di Indonesia, kurang variatif media pembelajaran yang digunakan, adanya sarana dan prasarana yang mendukung namun belum dapat digunakan secara maksimal. Rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites materi cerita fiksi terhadap hasil belajar kelas IV SD Supriyadi Semarang. Model pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE menurut Branch (2009) yang terdiri Analysis, Designs, Development, Implementation, and Evaluation. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Supriyadi Semarang, namun yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan IV E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data produk dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites sangat layak digunakan dalam pembelajaran, dengan perolehan persentase kelayakan validasi media oleh ahli sebesar 86,6% dan persentase kelayakan validasi materi oleh ahli sebesar 97,5%. Media yang dikembangkan juga efektif dalam pembelajaran dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa secara rata-rata yang diuji menggunakan uji t. Hasil uji t memperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan rata-rata antara siswa yang menggunakan media dan yang tidak menggunakan. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites sangat layak dan efektif untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita fiksi pada kelas IV SD Supriyadi Semarang. Disarankan media ini dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran online karena media sudah dalam bentuk full digital
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran berbasis Web, Google Sites, Cerita Fiksi, Bahasa Indonesia, Inovasi Media Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64664 |
Actions (login required)
View Item |