PERAN GURU DALAM PENINGKATAN DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI 02 KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG


Septiani Puji Astuti, 1401418195 (2023) PERAN GURU DALAM PENINGKATAN DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI 02 KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418195_SEPTIANI PUJI ASTUTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian di SD Negeri Tegalsari 02 ditemukan permasalahan karakter disiplin siswa di sekolah belum terbentuk dikarenakan kesadaran siswa dan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang masih kurang. Kemudian nilai kesopanan siswa yang tergolong rendah mengakibatkan proses pembelajaran di kelas belum terlaksana secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru kelas, mendeskripsikan adanya peran guru terhadap peningkatan disiplin siswa, serta mendeskripsikan adanya peran guru terhadap peningkatan sopan santun siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi serta catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru kelas dan siswa pelaku pelanggaran kedisiplinan dan sopan santun. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan dengan melakukan prapenelitian dan analisis data setelah di lapangan menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru kelas IV SD Negeri Tegalsari 02 berperan sebagai pembimbing, penasehat, model dan teladan, serta mediator dan fasilitator. (2) peran guru kelas dalam memberikan informasi tata tertib dan menasehati pelaku, kedisiplinan siswa menjadi meningkat. Peningkatan kedisiplinan siswa terbentuk melalui kebiasaan melaksanakan tata tertib yang diberikan oleh guru kepada siswa baik tertulis maupun lisan. (3) adanya peran guru kelas dalam memberikan informasi mengenai sopan santun kepada siswa, sopan santun siswa menjadi meningkat. Peningkatan sopan santun siswa terbentuk melalui kebiasaan yang dilakukan siswa baik perbuatan maupun perkataan. Simpulan penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri Tegalsari 02 telah melaksanakan perannya dengan baik, meliputi peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai penasehat, peran guru sebagai mediator dan fasilitator, serta peran guru sebagai model dan teladan. Peran guru dalam meningkatkan disiplin dan sopan santun siswa telah terlaksana dengan baik. Saran dari penelitian ini kepada guru, dan pihak sekolah adalah guru diharapkan untuk menambah kegiatan menarik yang dapat melatih kedisiplinan dan sopan santun siswa kemudian guru diharapkan dapat lebih tegas dan cepat mencari solusi dari permasalahan yang terjadi pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Disiplin, Sopan Santun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:24
Last Modified: 08 Oct 2024 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64662

Actions (login required)

View Item View Item