PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTED BINGO GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENENTUKAN GAGASAN POKOK PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUCEN


Elisa Zulfi, 1401418188 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTED BINGO GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENENTUKAN GAGASAN POKOK PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUCEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418188_ELISA ZULFI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh sebelum penelitian ditemukan permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga moivasi belajar dan antusiasme siswa kurang selama proses pembelajaran berlangsng. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan efektifitas media pembelajaran adapted bingo game pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Sucen, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektifitas media pembelajaran adapted bingo game pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Sucen. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah jenis penelitian research and development (R&D) oleh Sugiyono dengan 7 langkah pengembangan yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk.. Dalam proses pengembangannya menggunakan model penelitian eksperimen, yaitu dengan menggunakan true experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sucen berjumlah 22 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 2 Sucen berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan media dan materi dan analisis angket tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran adapted bingo game layak digunakan dengan persentase dari nilai kelayakan oleh ahli materi adalah 71% dan persentase nilai yang diperoleh dari ahli media adalah 83%. Media pembelajaran adapted bingo game efektif digunakan berdasarka hasil pengujian independent sample t-test diperoleh hasil kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 58.875 pada hasil posttest setelah menggunakan media pembelajaran adapted bingo game selama proses pebelajarannya, dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 43.958 pada hasil posttest dimana tidak menggunakan media pembelajaran adapted bingo game. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran adapted bingo game yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi gagasan pokok. Saran penelitian adalah diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk melengkapi kekurangan agar media pembelajaran lebih efekif dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gagasan pokok, Bahasa Indonesia, adapted Bingo Game
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:21
Last Modified: 08 Oct 2024 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64661

Actions (login required)

View Item View Item