PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MAPADA BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK SISWA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 02 KOTA SEMARANG
Vera Dwi Setiati, 1401418161 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MAPADA BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK SISWA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi di SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan keterbatasan media pembelajaran IPS, kemampuan dan pemahaman siswa rendah, dan hasil belajar IPS di bawah KKM 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media interaktif MAPADA berbasis Adobe Animate CC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media interaktif MAPADA berbasis Adobe Animate CC. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas IV C dan 26 siswa kelas IV A SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa media interaktif MAPADA berbasis Adobe Animate CC digunakan sebagai media interaktif mupel IPS kelas IV SD materi keragaman upacara adat di Indonesia dengan halaman opening, mulai, pilihan menu, petunjuk, kompetensi, materi, kuis, referensi, profil, dan keluar. Media ini menarik karena menggunakan animasi dan instrumental lagu daerah. Perbedaan dari media ini dengan media interaktif lainnya adalah media ini memberikan game dalam wujud nyata yaitu game puzzle yang dikombinasikan dengan gerak tari dan lagu Bungong Jeumpa. Media interaktif MAPADA sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 93,75% dan kelayakan media oleh ahli media sebesar 91,25%. Media interaktif MAPADA berbasis Adobe Animate CC efektif digunakan dalam pembelajaran, hal ini dibuktikan melalui uji coba kelompok kecil yaitu hasil uji t-test diperoleh thitung (16,709) > ttabel (1,745). Uji n-gain diperoleh 0,60 dengan kriteria sedang. Uji coba kelompok besar diperoleh hasil uji t-test diperoleh thitung (11,232) > ttabel (1,675). Uji n-gain diperoleh sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media interaktif MAPADA berbasis Adobe Animate CC sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS keragaman upacara adat. Saran penelitian adalah guru dapat melakukan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis IT dan memberikan media pembelajaran yang bervariasi agar siswa menjadi interaktif dan tidak bosan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adobe Animate CC; Hasil Belajar; IPS; Media Interaktif MAPADA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64655 |
Actions (login required)
View Item |