KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD NEGERI 1 CAMPURSARI NGADIREJO TEMANGGUNG (SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF)


Dhia Nurhidayah, 1401418113 (2023) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD NEGERI 1 CAMPURSARI NGADIREJO TEMANGGUNG (SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418113_Dhia Nurhidayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan mengadakan variasi merupakan salah satu keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru. Variasi dalam pembelajaran adalah perubahan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengurangi kejenuhan serta kebosanan peserta didik. Dari pra penelitian yang telah dilaksanakan, variasi yang digunakan guru belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, respon peserta didik serta kendala guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik kelas VI SD Negeri 1 Campursari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI dan peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Campursari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengadakan variasi pada pembelajaran tematik. Enam komponen gaya mengajar telah diterapkan secara terpadu dan penggunaan media atau alat pembelajaran didominasi oleh penggunaan papan tulis, spidol, gambar, dan media taktil, namun pola melingkar dalam variasi pola interaksi belum dilaksanakan. Pengadaan variasi mendapatkan respon positif dari peserta didik. Peserta didik tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Kegiatan belajar menjadi menyenangkan, dan peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pengadaan variasi memiliki kendala dalam mengadakan variasi suara dan pemusatan perhatian, ketersediaan media pembelajaran dan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, serta perbedaan karakter peserta didik yang menghambat variasi pola interaksi. Simpulan dari penelitian ini adalah variasi gaya mengajar sudah dilaksanakan secara optimal, namun variasi media dan pola interaki masih perlu ditingkatkan. Melalui variasi mengajar dapat mengurangi kebosanan peserta didik. Hal ini diperkuat dengan respon peserta didik yang tertarik, antusias dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Kendala perlu diminimalisir dengan kreativitas guru. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar terkhusus penerapan variasi mengajar sehingga dapat tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:11
Last Modified: 08 Oct 2024 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64654

Actions (login required)

View Item View Item