PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN WATUPAWON GROBOGAN


Dina Septiana, 1401418100 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN WATUPAWON GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418100_Dina Septiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil pra penelitian di SDN Watupawon Grobogan yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil belajar peserta didik kelas V, ditemukan permasalahan terkait pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT yang belum optimal. Guru belum mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V. Untuk itu, peneliti mengembangkan media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning pada muatan pelajaran IPA materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan, uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Sedangkan untuk analisis hasil belajar pretest dan posttest digunakan uji normalitas, uji t-test, dan N-Gain. Media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning dikembangkan dengan menyesuaikan kebutuhan guru dan siswa, KI/KD, indikator, dan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase skor penilaian oleh ahli materi sebesar 92% dengan kriteria sangat layak dan persentase skor penilaian oleh ahli media sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Selain itu media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning juga memperoleh tanggapan positif dari guru dan peserta didik. Keefektifan media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning dapat dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,13 > 2,57 pada uji coba skala kecil dan 11,41 > 2,05 pada uji coba kelompok besar. Sehingga terdapat perbedaan yang signifkan pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning dengan hasil N-Gain pada kelompok kecil 0,68 dengan kriteria sedang dan hasil N-Gain kelompok besar 0,57 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning berhasil dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash Professional 8, layak digunakan sebagai media pembelajaran, dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA materi Siklus Air. Saran dalam penelitian ini yaitu guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memodifikasi dan memberikan inovasi melalui pengembangan media interaktif Macromedia Flash berbasis Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Macromedia Flash. Discovery Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:00
Last Modified: 08 Oct 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64648

Actions (login required)

View Item View Item