PENGEMBANGAN GAME PENDIDIKAN BERBASIS GODOT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR BAHASA JEPANG
Nanda Dwi Nurhansah, 2302418031 (2023) PENGEMBANGAN GAME PENDIDIKAN BERBASIS GODOT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan sebuah produk alternatif pembelajaran Bahasa Jepang atau juga dapat digunakan sebagai media untuk mengingat kembali penghafalan kosakata yang sudah dipelajari pada awal pembelajaran. Pengembangan media ini menggunakan 5 dari 10 metode yang telah diujarkan oleh Sugiyono, yang langkah-langkah pengembangannya yaitu: potensi & masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Subjek yang dituju adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Angkatan 2021. Media pembelajaran ini diuji oleh 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi dengan melihat prototipe yang telah dibuat untuk nantinya direvisi, serta mahasiswa sebanyak 30 orang untuk dimintai persepsi terhadap media yang telah direvisi. Setelah dilakukan analisis, hasil uji validasi game typing kanji space shooter dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media yang mendapatkan skor 76%, lalu ahli materi dengan 78,75%, dan persepsi mahasiswa sebanyak 83,54%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game typing godot dinyatakan baik untuk digunakan di dalam pembelajaran. Disarankan untuk pengembang berikutnya dapat menambahkan glossari kata yang tidak dikenal oleh pemain sehingga game dapat menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Godot, Typing Game, Kosakata Dasar Bahasa Jepang. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64647 |
Actions (login required)
View Item |