PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELOKATON
Veronika Difiyanti, 1401418091 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELOKATON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Bahan ajar merupakan komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang baik dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi. Sumber bahan ajar yang dipilih guru ada kecenderungan dititikberatkan hanya ada satu bahan ajar. Berdasarkan data prapenelitian, menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru kelas IV SD Negeri 01 Selokaton yakni buku tematik yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Kelemahan buku tematik yang beredar yakni belum sepenuhnya memanfaatkan lingkungan sekitar, terdapat contoh-contoh yang disajikan belum sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa, sehingga siswa tidak memiliki pondasi awal terhadap materi yang dipelajari. Hal ini terjadi karena buku tematik yang digunakan sebagai pegangan siswa diproduksi secara nasional, sementara Indonesia memiliki kultur beragam. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran kurang efektif karena siswa tidak mempelajari contoh nyata atau peristiwa keragaman lokal atau hal-hal yang dekat dengan lingkungan siswa sehingga berdampak terhadap hasil belajar 10 dari 29 siswa atau sebanyak 35% siswa yang belum memenuhi ketuntasan minimal. Oleh karena itu perlu pengembangan bahan ajar tematik berbasis lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Kendal yang didalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman wisata, asal-usul sebuah tempat serta tokoh-tokoh yang berpengaruh di Kabupaten Kendal dan sekitarnya yang dekat dengan psikis dan psikologis siswa SD Negeri 01 Selokaton serta menguji kelayakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal untuk membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 01 Selokaton telah dikembangkan dan dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan presentase komponen kegrafikan 94%, komponen penyajian 79,83%, serta komponen kebahasaan 75%. Bahan ajar tematik berbasis lokal efektif digunakan dalam pembelajaran, diketahui berdasarkan hasil belajar dengan adanya perbedaan rata- rata melalui uji t sebesar -7675 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,3586 yang berdasarkan interpretasi indeks gain tergolong sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar tematik berbasis lokal yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang disampaikan yaitu: (1) Bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Kendal dan sekitarnya dapat dijadikan referensi alternatif pilihan bahan ajar dan sebagai contoh untuk guru di daerah lain untuk mengembangkan bahan ajar sesuai daerah guru mengajar; (2) Guru disarankan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pengembangan bahan ajar maupun alat bantu pembelajaran lainnya, supaya dapat meningkatkan kulitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam semua muatan pembelajaran meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar tematik, berbasis lokal, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64646 |
Actions (login required)
View Item |