PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU MICROSOFT SWAY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSEN KELAS VI SDN 040519 TANJUNG BARUS
Leli Anggreni Br Tarigan, 1401418087 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU MICROSOFT SWAY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSEN KELAS VI SDN 040519 TANJUNG BARUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 040519 Tanjung Barus terdapat permasalahan dalam pembelajaran matematika terkait hasil belajar yang masih rendah dan media yang terbatas yaitu media gambar pada buku guru dan buku siswa serta penggunaan dalam pembelajaran belum maksimal sehingga belum maksimal dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran berbantu Microsoft sway pada mata pelajaran matematika. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbantu Microsoft sway. Tujuan penelitian ini adalah mengambangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Microsoft sway. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 040519 Tanjung Barus sejumlah 30 siswa. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket kebutuhan guru dan siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji kelayakan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran microsoft sway, sangat layak digunakan dengan peresentase kelayakan oleh ahli media sebesar 96 %, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 80%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan perbedaan rata-rata menggunakan uji t dengan t hitung pada kelompok kecil 4,698 dan kelompok besar 13,544 sehingga thitung>ttabel dan Ho ditolak dan Ha diterima ini menunjukan perbedaan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,648 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbantu microsoft sway sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi persen kelas VI SDN 040519 Tanjung Barus. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran berbantu microsoft sway pada materi lain dengan melihat kebutuhan pada siswa dan guru dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Microsoft sway; Matematika; Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64644 |
Actions (login required)
View Item |