PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 BENGKAL KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGUNG


Indah Anggraini, 1401418085 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 BENGKAL KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418085_Indah Anggraini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan harus mempersiapkan pembelajaran yang efektif agar mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Salah satu model pembelajaran adalah PBL (Problem Based Learning) yang memiliki karakteristik sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran. Pada model pembelajaran PBL siswa terlibat aktif pada pelaksanan belajar mengajar dimana guru menyajikan masalah dan mengajukan pertanyaan untuk membantu siswa dalam memperluas pengetahuan. Dengan model pembelajaran Problem Based Learning ini, guru membimbing penyelidikan kelompok atau individu sehingga antara siswa dengan guru saling bekerja sama sehingga pengetahuan dan wawasan siswa berkembang dan siswa lebih menguasai topik diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model pembelajaran Problem Based Learning yang sesuai dengan referensi, bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika, dan pandangan guru dan siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 1 Bengkal. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ialah model Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan uji credibility dan uji confirmability. Pada pembelajaran matematika kelas V guru sudah melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti memberikan saran bagi guru agar dapat mengupayakan cara untuk dapat membuat semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan lebih memahami tahapan dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta mengatur waktu belajar siswa agar semua tahapan dapat terlaksana sesuai langah-langkah dalam model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Problem Based Learning, sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:53
Last Modified: 08 Oct 2024 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64643

Actions (login required)

View Item View Item