ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN PARTIKEL PADA UJIAN TENGAH SEMESTER MATA KULIAH BUNPO CHUKYU ZENHAN


Layalia Tiara Faza, 2302417059 (2022) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN PARTIKEL PADA UJIAN TENGAH SEMESTER MATA KULIAH BUNPO CHUKYU ZENHAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302417059_Layalia Tiara Faza.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Partikel dalam bahasa Jepang disebut juga dengan Joshi. Joshi termasuk dalam salah satu kelas kata yang tidak dapat berdiri sendiri. Joshi dalam bahasa Jepang mempunyai jumlah yang banyak serta peran yang sangat beragam. Hal tersebut menjadikan masalah yang sangat berarti bagi mahasiswa dalam memahami suatu kalimat. Oleh karena itu, pemahaman yang baik terhadap joshi sangat diperlukan oleh mahasiswa agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan partikel pada UTS Bunpo Chukyu Zenhan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan partikel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil UTS mata kuliah Bunpo Chukyu Zenhan dengan objek penelitian yaitu kesalahan penggunaan partikel yang terdapat pada hasil UTS, dengan jumlah mahasiswa adalah 63 orang, dan banyaknya butir soal yang dianalisis adalah 13 butir soal yaitu bagian memilih partikel yang tepat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung presentase benar dan salah pada tiap soal, kemudian menganalisis mahasiswa yang menjawab salah, dan menginterpretasikan jawaban tersebut berdasarkan teori yang ada untuk mengetahui faktor penyebab mahasiswa mejawab salah. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa kesalahan dalam menggunakan partikel が dan を dalam kalimat 自動詞 dan 他動詞, partikel は dan が pada subjek atau topik pembicaraan, partikel から dan ので pada alasan, dan partikel で, に, へ pada tujuan dan tempat. Faktor penyebab kesalahan tersebut adalah mahasiswa hanya memperhatikan satu atau dua kosa kata sebelum dan sesudah munculnya partikel. Mahasiswa tidak memperhatikan konteks kalimat dengan baik, serta tidak memperhatika fungsi partikel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Partikel, Bunpo.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:51
Last Modified: 08 Oct 2024 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64640

Actions (login required)

View Item View Item