HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL


Ahlanafila, 1401417400 (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417400_Ahlanafila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan keluarga dan kemandirian belajar menjadi salah satu faktor penyebab ketercapaian hasil belajar. Kemandirian siswa dalam muatan pelajaran IPS tergolong kurang, menyebabkan hasil belajar IPS siswa kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Tujuan penelitian: (1) untuk menguji ada tidaknya hubungan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V; (2) ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V; (3) ada tidaknya hubungan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Sunan Ampel Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal yang berjumlah 136 siswa, sampel berjumlah 101 siswa. Waktu penelitian: Januari – Mei 2022. Variabel penelitian: Lingkungan Keluarga (X1), Kemandirian Belajar (X2), dan Hasil Belajar IPS (Y). Teknik sampling yang digunakan: Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data awal yang digunakan: uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,647 > rtabel sebesar 0,1956 menunjukkan koefisiensi korelasi termasuk kategori kuat dan berkontribusi sebesar 41,8%. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,669 > rtabel sebesar 0,1956 menunjukkan koefisiensi korelasi termasuk kategori kuat dan berkontribusi sebesar 44,8%. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,675 > rtabel sebesar 0,1956 menunjukkan koefisiensi korelasi termasuk kategori kuat dan berkontribusi sebesar 45,5%. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Sunan Ampel. Saran yang diberikan bagi guru untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan lingkungan keluarga anak guna memberikan motivasi atau perhatian dan melakukan pembelajaran yang interaktif untuk melatih kemandirian belajar sehingga hasil belajar dicapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, hasil belajar IPS, kemandirian belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:46
Last Modified: 08 Oct 2024 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64637

Actions (login required)

View Item View Item