PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTА DІDІK ELEKTRONІK (E-LKPD) UNTUK MENІNGKATKAN HАSІL BELАJАR PADA MUATAN ІPA KELАS VA SD SUPRІYADІ KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Rosіana Kusumawatі, 1401417398 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTА DІDІK ELEKTRONІK (E-LKPD) UNTUK MENІNGKATKAN HАSІL BELАJАR PADA MUATAN ІPA KELАS VA SD SUPRІYADІ KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417398_Rosiana Kusumawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media pembelajaran elektonik materi ekosistem terhadap hasil belajar IPA yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SD Supriyadi, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang terhadap muatan pembelajaran IPA. Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui dokumentasi dan wawancara dengan guru kelas VA SD Supriyadi menunjukan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPA. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya ketersediaan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran terbatas, serta belum adanya Lembar Kerja Peserta Didik elektronik. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar IPA terutama pada materi ekosistem. Sehingga perlu dikembangkan lembar kerja siswa muatan pembelajaran IPA materi ekosistem yang dapat diakses melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain, kelayakan, dan keefektifan lembar kerja peserta didik elektronik pada pembelajaran IPA kelas VA SD Supriyadi. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Penentuan kelayakan media pembelajaran elektronik materi ekosistem berdasarkan uji validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) uji kelayakan oleh ahli media dan materi mendapatkan penilaian 90,63% dan 84,37% dengan kriteria sangat layak; (2) keefektifan lembar kerja siswa dilihat dari hasil belajar 31 siswa yang menunjukan peningkatan antara sebelum dan sesudah penggunaan lembar kerja siswa interaktif yang dihitung dengan rumus N-gain diperoleh 0,38 dengan kriteria sedang, serta dari respon guru dan siswa yang memperoleh hasil 100% dan 93,1% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik materi ekosistem layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA pada kelompok besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta didik elektronik; ekosistem ; hasil belajar IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:43
Last Modified: 08 Oct 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64635

Actions (login required)

View Item View Item