PENGGUNAAN GENRE BASED APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG DI MAN 1 KOTA SEMARANG
Farda Ulinnuha Fadhila, 2302417002 (2023) PENGGUNAAN GENRE BASED APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG DI MAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil wawancara guru bahasa Jepang MAN 1 Kota Semarang dan pengamatan sesi pembelajaran bahasa Jepang kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa MAN 1 Kota Semarang dalam pelafalan, dan tata bahasa yang digunakan masih kurang. dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan mempunyai keterbatasan jam pembelajaran dan media yang digunakan sehingga kesempatan berbicara kurang maksimal. Penggunaan buku Nihongo 1 dalam kegiatan berbicara melatih lafal menggunakan media kaset yang belum diaplikasikan kedalam kegiatan pembelajaran secara maksimal. Solusi yang diperlukan untuk pemecahan masalah yang ada pada pembelajaran Bahasa Jepang dalam keterampilan berbicara, maka dengan menggunakan konsep Genre Based Approach sebagai salah satu pilihan untuk memotivasi siswa dan untuk mengarahkan siswa terutama dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan eksperimen murni atau bisa disebut true experimental. peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 11 Bahasa sebagai kelas eksperimen serta kelas 11 IPS 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dan perhitungan dengan cara statistik menggunakan uji t 0,05 yaitu t_tabel dengan nilai sebesar 1,99 lebih kecil dari pada t_0 atau disebut juga t_hitung dengan nilai sebersar 3,27. Yang dapat diartikan bahwa hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif dapat diterima , hal ini menunjukan bahwa Penggunaan Genre Based Approach dalam keterampilan berbicara bahasa Jepang di MAN 1 Kota Semarang mempunyai pengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbicara tersebut. Hal ini sudah terbukti dengan melihat nilai mean atau rata rata yang didapatkan dari kedua kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Rata rata nilai keterampilan berbicara dari kelas eksperimen yang menggunakan Genre Based Approach adalah sebesar 84,12 berhasil mencapai nilai diatas KKM 75. Sedangkan nilai rata rata keterampilan berbicara dari kelas kontrol yang tidak menggunakan Genre Based Approach adalah sebesar 74,8 masih dibawah KKM. Oleh karena itu, berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Genre Based Approach terdapat pengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Jepang siswa MAN 1 Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Genre Based Approach, Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:39 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64631 |
Actions (login required)
View Item |