PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS III SDN KEMBANGLANGIT KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG


M. Abdul Karim, 1401417364 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS III SDN KEMBANGLANGIT KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417364_M.Abdul Karim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA berfungsi untuk membina peserta didik menjadi kepribadian yang kritis, berpengetahuan yang luas, serta mampu menciptakan kreativitas yang menarik. Pembelajaran IPA berbantuan media bertujuan agar proses pembelajaran efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN Kembanglangit, minimnya penggunaan media pembelajaran IPA berbasis teknologi pada materi energi dan perubahannya membuat siswa bosan yang mengakibatkan hasil belajar IPA siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media power point interaktif materi energi dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Pada uji skala kecil dipilih 9 siswa kelas IV dan uji skala besar dengan jumlah 30 siswa di SDN Kembanglangit. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbasis powerpoint interaktif dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 95,4% kriteria sangat layak dengan perbaikan, dan oleh ahli media mendapat presentase 100% kriteria sangat layak dengan perbaikan. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebedar 0,626 dengan kategori sedang serta uji t�test diperoleh t hitung (8,937) > t tabel (2,002) maka Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu Multimedia berbasis powerpoint interaktif yang digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi energi dan perubahannya layak digunakan dan efektif dalam peningkatan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah multimedia berbasis powerpoint interasktif dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas III pada muatan pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, powerpoint interaktif, pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:36
Last Modified: 08 Oct 2024 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64630

Actions (login required)

View Item View Item