PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG WIRADESA PEKALONGAN


Rara Ayu Oktaviani, 1401417142 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG WIRADESA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417142_Rara Ayu Oktaviani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang telah diperoleh melalui wawancara, motivasi belajar siswa masih kurang, kemandirian belajar yang rendah, dan juga kurang dalam kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Wiradesa Pekalongan; (2) menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Wiradesa Pekalongan; (3) menguji pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Wiradesa Pekalongan; (4) menguji pengaruh antara motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Wiradesa Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain korelasi menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yang berjumlah 122 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian ditransformasi menggunakan Method Succesive Interval. Selanjutnya adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastitas, dan uji autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat, kemudian dianalisis dengan statistic deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, regresi linier ganda dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai koefisien korelasi 0,981 termasuk dalam kriteria sangat kuat; (2) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai koefisien korelasi 0,690 termasuk dalam kriteria kuat; (3) terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai koefisien korelasi 0,380 termasuk dalam kriteria rendah; (4) terdapat pengaruh antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi 0,983 termasuk dalam kategori sangat kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Wiradesa Pekalongan. Saran bagi guru untuk lebih meningkatkan motivasi belajar, kemandirian belajar dan kedisiplinan sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kemandirian belajar, kedisiplinan dan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:31
Last Modified: 08 Oct 2024 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64626

Actions (login required)

View Item View Item