ANALISIS PENGARUH FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Siswa) KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PURIN KENDAL


Indah Setiyaningrum, 1401416164 (2023) ANALISIS PENGARUH FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Siswa) KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PURIN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416164  Indah Setiyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai media audiovisual, film kartun ini memudahkan individu dalam menyerap informasi melalui apa yang mereka dapat dan apa yang mereka dengar sehingga diharapkan dapat mempengaruhi setiap orang yang menontonnya. Hasil penelitian Triwardani (2006) menunjukkan bahwa :”Anak-anak berada dalam masa – masa pembelajaran diri sekaligus sosialisasi nilai dari agen sosialisasi yang diidentifikasikannya sehingga mereka juga rentan terhadap pengaruh-pengaruh tertentu. Kecenderungan anak meniru apa yang dilihat dan apa yang anak dengar akan membentuk pola perilaku anak tersebut.” Permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Purin Kendal menunjukkan pengaruh film kartun Upin Ipin yang sering tayang di televisi sehingga menyebabkan pengaruh terhadap nilai – nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan pengaruh film kartun Upin Ipin terhadap nilai – nilai pendidikan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Subjek peneliti berjumlah 19 orang terdiri atas 1 kepala sekolah, 1 guru kelas dan 17 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Purin Kendal. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan,dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film kartun Upin Ipin ini sangat terkenal dikalangan siswa, apalagi film tersebut selalu tayangkan di televisi. Siswa langsung merespon dengan baik ketika peneliti menyebutkan judul saja sudah membuat suasana menjadi ramai, film ini sangat digemari siswa. Banyak nilai – nilai pendidikan karakter film kartun Upin Ipin yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat nilai – nilai pendidikan karakter yang paling banyak muncul pada Film kartun Upin Ipin yaitu toleransi dan yang paling sedikit muncul yaitu gemar membaca. Film ini dapat menjadi pengaruh bagi siswa karena banyak adegan yang mampu memberikan tauladan yang baik, apalagi terdapat sarana dan prasarana yang memadai dalam sekolah. Tanpa disadari film ini mampu menjadi media pembelajaran yang baik pada siswa SD Muhammadiyah Purin Kendal sehingga dapat menerapkandalam kehidupan sehari – hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film Kartun, Nilai – Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:21
Last Modified: 08 Oct 2024 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64620

Actions (login required)

View Item View Item