PENGEMBANGAN PODCAST YANG DIPUBLIKASIKAN DI YOUTUBE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DENGAN MATERI SE PRÉSENTER PADA SISWA SMA KELAS X


Bagas Restu Alam, 2301418045 (2022) PENGEMBANGAN PODCAST YANG DIPUBLIKASIKAN DI YOUTUBE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DENGAN MATERI SE PRÉSENTER PADA SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301418045_Bagas Restu Alam.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menyimak merupakan suatu kegiatan untuk memahami informasi dari pesan yang ingin disampaikan orang lain. (Tarigan, 2008) Keterampilan menyimak merupakan kemampuan yang sulit dipelajari oleh para pembelajar. Apalagi jika pembelajar tidak melatih pendengaran secara konsisten secara berulang-ulang mendengarkan bahasa Prancis akan semakin sulit untuk menguasai kemampuan menyimak. Untuk menambahkan variasi pembelajaran yang baru peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran podcast yang berbasis pada youtube untuk menumbuh kembangkan rasa antusias siswa. Tentunya media ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk para siswa agar tidak bosan dalam belajar bahasa Prancis, karena media yang digunakan pun memang sangat dekat dengan mereka dan mereka menggunakan media tersebut dalam kesehariannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengajar dan siswa terhadap media podcast berbasis youtube dan mendeskripsikan cara mengembangkan media podcast untuk keterampilan menyimak pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Developpement (R&D). Menurut (Sugiyono, 2013) penelitian Research and Developpement adalah metode penelitian yang digunakan untuk membuat produk tertentu dan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Dari 10 langkah penelitian tersebut, peneliti hanya akan mengambil 5 langkah penelitian yaitu, menemukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil analisis kebutuhan terhadap guru dan siswa adalah Menurut responden keterampilan menyimak bahasa Prancis adalah keterampilan bahasa yang menarik akan tetapi keterampilan yang paling sulit juga untuk dipelajari. Responden mengatakan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran saat ini menggunakan menggunakan buku/LKS dan media power Point.Responden sudah mengetahui tentang podcast.Responden menyetujui jika dirancangkan media pembelajaran podcast berbasis youtube untuk keterampilan menyimak bahasa Prancis.Responden menginginkan dalam menyampaikan materi di video podcast menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Prancis.Responden mengharapkan durasi videonya adalah 7-10 menit. Responden lebih antusias dan bersemangat apabila media pembelajaran podcast di videonya berisi ilustrasi gambar dan tulisan dan disertai latar musik. Evaluasi yang diinginkan responden adalah berbentuk pilihan ganda dan soal menjodohkan. Bentuk dari media ini berupa podcast berbasis youtube yang berisi tentang cara memperkenalkan diri dalam bahasa Prancis untuk materi kelas X. Media ini dapat digunakan pada Smartphone maupun perangkat komputer dan diakses dimana saja melalui Youtube.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: podcast, keterampilan menyimak, youtube
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:19
Last Modified: 08 Oct 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64618

Actions (login required)

View Item View Item