PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DAN PARAGRAF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN ISI TEKS SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI JEPARA
Arini Putri Fitriya, 1401414391 (2021) PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DAN PARAGRAF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN ISI TEKS SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Menulis adalah keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis adalah kegiatan yang produktif dan ekspresif. Keterampilan menulis adalah kemampuan untuk menyusun kalimat dengan benar dan tepat berdasarkan aturan tata bahasa; tulisan yang baik dan efektif tergantung pada kalimatnya. Berdasarkan prapenelitian di SD Negeri Gugus Ahmad Yani Jepara ditemukan bahwa rendahnya kemampuan menulis ringkasan ini dikarenakan siswa lebih sering menulis kembali secara mentah apa yang ada pada teks tersebut. Siswa kurang memperhatikan penggunaan kalimat efektif dan kadang siswa juga bingung mau menulis apa dan mulai darimana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalimat efektif dan paragraf terhadap kemampuan menulis ringkasan isi teks siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ahmad Yani dengan jumlah 168 siswa dengan jumlah sampelnya 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji liniearitas. Hasil penelitian menggunakan program SPSS diperoleh hasil rhitung 0,512, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 100 adalah sebesar 0,195. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,512 > 0,195). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara penguasaan kalimat efektif dan paragraf terhadap ketmampuan menulis ringkasan siswa kelas V SDN Ahmad Yani. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penguasaan kalimat efektif dan penguasaan paragraf memiliki kontribusi dalam meningkatkan kemampuan menulis ringkasan dan “Ada pengaruh yang signifikan antara Penguasaan Kalimat Efektif dan Penguasaan Paragraf dengan Kemampuan Menulis Ringkasan”. Saran bagi guru perlu pengembangan program khusus siswa untuk lebih memberikan bimbingan kepada siswa, khususnya dalam hal kemampuan menulis. Bagi sekolah, kegiatan membaca buku 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar lebih dioptimalkan sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat yang berdampak pada penguasaan kalimat efektif dan paragraf yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kalimat Efektif; Paragraf; Kemampuan Menulis Ringkasan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64610 |
Actions (login required)
View Item |