PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP SELF-ESTEEM PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SEMARANG
Vip Brilliant Stoic, 1301419027 (2023) PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP SELF-ESTEEM PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Adanya sistem zonasi di SMAN 1 Semarang membuat siswa kurang memiliki rasa percaya diri. Siswa selalu merasa minder dengan teman lainnya yang lebih pintar darinya dan lebih memiliki ekonomi di atasnya. Rendahnya rasa percaya diri disebabkan karena siswa tidak memiliki self-esteem yang tinggi. Adapun untuk meningkatkan self-esteem siswa perlu mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi self-esteem adalah self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap self-esteem siswa di SMAN 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain ex post facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 837 siswa. Sampel penelitian berjumlah 132 siswa kelas X dan 139 siswa kelas XI yang diambil menggunakan teknik stratified proportionate cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala self-esteem dan skala self�compassion. Hasil uji validitas skala self-compassion ada pada rentang 0,190 - 0,624 dan skala self-esteem ada pada rentang 0,218 - 0,573. Hasil dari uji reliabilitas skala self�compassion memiliki nilai alpha cronbach 0,849 dan skala self-esteem memiliki nilai 0,865, keduanya masuk dalam kategori reliabilitas kuat. Berdasarkan hasil tersebut kedua skala dapat dikatakan valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Variabel self-esteem berada pada kategori sedang (M = 100,100 SD = 12,721) dan variabel self-compassion berada pada kategori sedang (M = 83,081 SD = 11,568). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self-compassion berpengaruh terhadap self-esteem dengan koefisien determinasi (R2 = 0,361). Artinya self-compassion memberikan pengaruh atau kontribusi terhadap self-esteem sebesar 36,1 %. Berdasarkan hasil penelitian diupayakan guru BK dapat memberikan layanan individu, kelompok, maupun klasikal kepada siswa untuk meningkatkan self-compassion dan self-esteem siswa. Adapun peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan setting yang berbeda yaitu di SD, SMP, maupun Perguruan Tinggi. Peneliti selanjutnya juga dapat meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi self-esteem siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-compassion, self-esteem, konseling |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Individual Counseling |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64607 |
Actions (login required)
View Item |