(ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIANBAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
Mulyono , 1404906059 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIANBAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIANBAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010.)
- Published Version
Download (74kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran sains (IPA) menjadikan mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Simpar masih terkesan kurang menarik bagi siswa. Hal ini dikarenakan guru dalam mengajar cenderung bersifat informatif atau hanya transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selan itu, tidak adanya sarana dan prasarana belajar yang menunjang seperti perpustakaan maupun laboratorium juga menjadi faktor yang mempengaruhi minat siswa maupun hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa secara optimal yaitu dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Berdasarkan uraian tersebut, dapat dirumuskan permasalahan penelitian “Apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Bagian-bagian Tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV SD Negeri Simpar?”. Analisis data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa dianalisa dengan analisis diskriptif komperatif yaitu dengan membandingkan nilai tes antar siklus dengan indikator kinerja. Hasil observasi dianalisa dengan analisis deskriptif. Berdasarkan kajian yang dilakukan yaitu setelah menggunakan metode CTL kerja sama dalam kelompok pada Siklus I tiap kelompok rata-rata dari 5 siswa yang aktif hanya 3 siswa (masuk dalam kategori cukup), dan pada akhir siklus II naik tiap kelompok rata-rata dari 5 siswa yang aktif 4 sampai 5 siswa (masuk dalam kategori sangat baik). Keberanian bertanya atau menanggapi pertanyaan pada Siklus I sekitar 9 siswa dari 22 siswa (masuk dalam kategori cukup), dan pada siklus II naik menjadi 18 siswa dari 22 siswa (masuk dalam kategori sangat baik). Penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bagian-bagian tumbuhan. Penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi bagian-bagian tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan CTL, dan Tumbuhan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2011 03:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2011 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6460 |
Actions (login required)
View Item |