PENGARUH ASERTIVITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TODANAN
Bayu Ikhsan Mahendra, 1301418066 (2023) PENGARUH ASERTIVITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TODANAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Todanan mengalami permasalahan seperti tindakan perundungan secara verbal kepada teman sebaya, sebagian siswa kelas VIII masih ada yang melanggar tata tertib sekolah, siswa kebingungan menentukan studi lanjut setelah tamat pendidikan SMP. Fenomena yang terjadi tersebut berdampak pada permasalahan psikologis. Kenakalan dan kurangnya kemandirian siswa terjadi karena rendahnya psychological wellbeing, sehingga menyebabkan remaja tidak mampu beradaptasi pada masa perkembangannya dengan baik. Oleh karena itu, psychological wellbeing memiliki salah satu aspek yakni kemandirian atau autonomy. Psychological wellbeing juga dipengaruhi oleh salah satu faktor yakni dukungan sosial. Psychological well-being yang tinggi perlu ditunjang dengan asertivitas atau ketegasan diri (representasi aspek internal yaitu autonomy) dan dukungan sosial (representasi faktor eksternal psychological well-being). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dimana penelitian ini dilakukan setelah peristiwa tersebut terjadi. Desain penelitian yakni kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Todanan yang berjumlah 214. Menggunakan pengambilan teknik simple random sampling dan diperoleh sejumlah 139 sebagai sampel penelitian. Kuesioner terdiri dari 39 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis inferensial menggunakan teknik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan asertivitas terhadap psychological well-being (β= 0,569> 0,05). Namun terdapat pengaruh negatif tidak signifikan antara dukungan sosial terhadap psychological well-being (β= -0,064< 0,05). Pada penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif asertivitas dan dukungan sosial terhadap psychological well-being ( F=2,136 < 27,019). Jadi secara kesimpulan faktor internal yakni asertivitas dan eksternal yakni dukungan sosial dapat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap psychological well-being apabila tidak hanya diikuti oleh faktor eksternal saja yaitu dukungan sosial yang berpengaruh negatif tidak signifikan, tetapi juga harus terdapat faktor internal yakni asertivitas agar psychological well-being pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Todanan berpengaruh positif signifikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psychological Well-Being, Asertivitas, Dukungan Sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64599 |
Actions (login required)
View Item |