PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BK TERHADAP INTENSI DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG


Muhammad Nadzif Fikri, 1301418027 (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BK TERHADAP INTENSI DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301418027_Muhammad Nadzif Fikri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Siswa cenderung memiliki ketertarikan yang beragam dalam menanggapi layanan bimbingan dan konseling yang terdapat di sekolahnya. Guru BK sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam menarik perhatian siswa melalui kompetensi yang ditunjukan lewat interaksi yang terjadi baik selama proses pemberian layanan bimbingan dan konseling ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru BK harus bisa mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki agar dapat menarik perhatian siswa supaya mau memaksimalkan kesempatan untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling yang tersedia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru BK terhadap intensi dalam memanfaatkan layanan BK SMA Negeri di Kecamatan Pemalang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik proportional sampling yaitu berjumlah 203 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan skala psikologis persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dan skala psikologis intensi dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh dari persepsi siswa tentang kompetensi guru BK baik berupa peralatan, kompabilitas, kompetensi dan kesempatan sebesar 33,3%. Artinya, semakin baik persepsi siswa tentang kompetensi guru BK, maka semakin baik pula intensi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, kompetensi, guru BK, intensi, layanan BK, siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:58
Last Modified: 07 Oct 2024 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64593

Actions (login required)

View Item View Item