FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI DAN SWASTA KABUPATEN DEIYAI PAPUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Onance Doo, 1301416083 (2023) FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI DAN SWASTA KABUPATEN DEIYAI PAPUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu penentu keberhasilan siswa dalam belajar adalah motivasi. Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai tujuan sehingga semakin rendah motivasinya semakin sulit untuk mencapai keberhasilan belajar. Berdasarkan wawancara yang ditunjang dengan legger siswa diperoleh bahwa siswa kelas IX mengalami permasalahan motivasi belajar. Permasalahan yang muncul berdasarkan fenomena di sekolah dalam penelitian ini adalah sebanyak 45% siswa mendapat nilai mata pelajaran di bawah KKM dan ditunjang dengan wawancara dengan guru BK dan guru mata pelajaran yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 172 siswa yang memiliki populasi yaitu siswa yang memiliki mata pelajaran rendah, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana, karena populasi bersifat homogen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan enam (6) indikator, Validitas diuji dengan menggunakan uji korelasi product moment. Reablitasi dalam penelitian ini di uji menggunakan analisis statistik dengan rumusan alpha.Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh indikator mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa. Faktor yang menjadi pengaruh paling besar pada rendahnya motivasi belajar siswa adalah kondisi keluarga 64% dan minat untuk belajar 55% yang menunjukkan bahwa minat belajar dan hubungan kedekatan orangtua pada kategori sedang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa semua indikator mempengaruhi rendahnya motivasi belajar. Disarankan untuk penelitih berikutnya diharapkan mampu mengkaji tindak lanjut terkait faktor determinan yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar rendah siswa sehingga dapat menambah kajian pemikiran yang lebih baik dan lengkap dibidang pendidikan. Untuk saran bagi Guru harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang santai, menggunakan berbagai cara di kelas untuk menarik perhatian siswa, dan memotivasi siswa dengan memberikan bimbingan dan meningkatkan cita-cita atau aspirasi yang dapat dicapai oleh siswa. Disarankan Bagi sekolah, Melakukan kerja sama dengan orang tua siswa SMP Negeri dan Swasta untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi,Belajar, Siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:43 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64587 |
Actions (login required)
View Item |