HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KOTA MAJALENGKA


Reza Hafidhudin Ashfa Herdiyanto, 1301415073 (2023) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KOTA MAJALENGKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301415073_Reza Hafidhudin Ashfa Herdiyanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bahwa terdapat presentase jumlah yang belum mencukupi tugas perkembangan ditinjau dari kehidupan sosialnya. Kehidupan sosial atau perilaku sosial siswa yang kurang baik tentu akan mempengaruhi kuaitas hidup seperti perilaku asertif dan konsep diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara perilaku asertif dan konsep diri dengan perilaku sosial pada siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Majalengka baik secara parsial maupun secara bersama-sama.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 195 dari 440 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala konsep diri, skala perilaku asertif dan skala perilaku sosial siswa kelas X1 se-Kota Majalengka. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku asertif siswa berada pada kategori tinggi, tingkat konsep diri siswa berada pada kategori sedang, dan tingkat perilaku sosial siswa berada pada tingkat sedang. Sedangkan hasil uji analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan dan positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antar perilaku asertif dan konsep diri terhadap perilaku sosial siswa. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,865 atau 85,6% variabel perilaku asertif dan konsep diri berkontribusi terhadap perilaku sosial siswa sedangkan 14,4% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Disarankan agar guru BK dapat mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling untuk yang mampu mengembangkan sikap asertif, konsep diri dan perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku sertif, konsep diri, perilaku sosial siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:37
Last Modified: 07 Oct 2024 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64586

Actions (login required)

View Item View Item