IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM PELATIHAN TATA BUSANA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG
Rana Indah Setiawati, 1201419064 (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM PELATIHAN TATA BUSANA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan orang dewasa masih banyak yang mengabaikan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya pembelajaran partisipatif sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Konsep Diri dalam pembelajaran pelatihan Tata Busana; (2) Implementasi pengalaman belajar dalam pembelajaran pelatihan Tata Busana; (3) Implementasi kesiapan belajar pada pelatihan Tata Busana; (4) Implementasi orientasi belajar orang dewasa pada pelatihan Tata Busana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi pelaksanaan kegiatan pelatihan Tata Busana, wawancara kepada Kepala SKB, 2 instruktur, dan 5 peserta pelatihan. Dokumentasi yang dibutuhkan berupa modul, RPP, dan laporan pelaksanaan pelatihan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik (wawancara,dokumentasi,dan observasi). Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Implementasi konsep diri: peserta pelatihan tidak terlibat langsung dalam proses perencanaan pembelajaran, tetapi dilibatkan dalam kesepakatan-kesepakatan saat proses pembelajaran dan pada tahap evaluasi; (2) Implementasi pengalaman belajar: pembelajaran yang diterapkan berbasis proyek (project based learning); (3) Implementasi kesiapan belajar: pembelajaran orang dewasa di SKB Ungaran relevan dengan karir dan kehidupan peserta pelatihan; (4) Implementasi orientasi belajar: para peserta pelatihan mendapat dorongan yang cukup dari instruktur saat mendapat masalah dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran orang dewasa perlu menerapkan prinsip-prinsip orang dewasa dengan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, merancang pembelajaran menekankan pada prinsip eksperimental, menyesuaikan pembelajaran yang dapat langsung diterapkan, dan memiliki orientasi belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Pendidikan Orang Dewasa, Pendidikan Orang Dewasa, Pelatihan Tata Busana, SKB |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) > Tutoring |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64578 |
Actions (login required)
View Item |