PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KURSUS BAHASA KOREA DI LPK MASTER KOREA CILACAP
Yuni Kurniati, 1201418048 (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KURSUS BAHASA KOREA DI LPK MASTER KOREA CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran masa sekarang merupakan sebuah proses yang memiliki perkembangan secara pesat. Metode pembelajaran merupakan suatu langkah, prosedur atau urutan untuk menerapkan suatu rencana yang disusun melalui kegiatan secara nyata oleh tutor untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Metode pembelajaran diterapkan di setiap pembelajaran baik di lembaga formal maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apa saja metode pembelajaran yang digunakan yang di gunakan saat ini pada pembelajaran kursus bahasa korea di LPK Master Korea Kabupaten Cilacap. 2) mengetahui penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran kursus bahasa korea di LPK Master Korea Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi mengenai proses pembelajaran berlangsung, wawancara mengenai kegiatan pembelajaran terhadap narasumber yang berjumlah 4 orang tutor dan 4 orang siswa pelatihan serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu metode yang digunakan pada LPK saat ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan metode praktik. Metode tersebut sudah dirasa efektif oleh tutor namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajarannya yaitu masih banyak siswa ketika pembelajaran berlangsung berisik, kurang memperhatikan, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan bersifat monoton. Adanya penerapan metode pembelajaran talking stick diharapkan mampu menjadi metode pembelajaran yang baru serta dapat dijadikan inovasi, serta siswa mampu mengemukakan pendapatnya, dan belajar lebih giat agar mampu berperan aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick dapat dijadikan sebagai inovasi baru dalam menyampaikan materi oleh tutor dan sebagai siswa juga mampu berperan aktif dalam pembelajaran serta mampu mengemukakan pendapatnya didepan umum. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi tutor sebaiknya meningkatkan kedisiplinan dengan cara datang tepat waktu ketika akan mengajar, ketika pembelajaran berlangsung sebaiknya tidak hanya menjelaskan secara lisan namun bisa di kreasikan dengan media pembelajaran lain seperti video pembelajaran yang menggunakan animasi atau game, tutor hendaknya tidak membedakan siswa pelatihan. Bagi LPK agar lebih meningkatkan penjaminan mutu pelatihan dengan cara meningkatkan standar kompetensi lembaga serta mampu meningkatkan strategi inovatif dalam proses pembelajaran dengan cara mengembangkan beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan seperti menggunakan canva dan wordwall.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Metode talking stick, Penerapan metode pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64567 |
Actions (login required)
View Item |