PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA-ANAK DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK DI PLAYGROUP BEE BEE GYM PURI ANJASMORO KOTA SEMARANG
Nabilah Tia Novitasari, 1201417072 (2023) PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA-ANAK DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK DI PLAYGROUP BEE BEE GYM PURI ANJASMORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan gadget bisa menjadi masalah terbesar di era globalisasi ketika orang tua memiliki inisiatif memberi dan membeli gadget untuk anak-anak dikarenakan sibuk bekerja sehingga orang tua menganggap tanpa kehadiran orang tua anak-anak tidak akan merasa kesepian, namun penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi pembentukan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Komunikasi Orang Tua-Anak Dan Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Kedisiplinan Di Playgroup Bee Bee Gym Puri Anjasmoro Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan angket melalui link google forms pada sampel penelitian. Teknik non�probability sampling menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 105 orang tua anak Playgroup Bee Bee Gym Puri Anjasmoro Semarang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial analisis regresi linear sederhana Penelitian menunjukkan hasil (1) pengaruh komunikasi oran gtua-anak terhadap pembentukan karakter kedisiplinan sebesar 1,75; (2) pengaruh penggunaan gadget terhadap pembentukan karakater kedisiplinan sebesar 2,24; (3) nilai Fhitung > Ftabel (41,755 > 3,93) dan persanaan regresi Y = -,480 + 0,550X1 + 0,381X2 (4) nilai R Square 0,450 dan Adjusted R Square 0,395. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) pengaruh komunikasi orangtua-anak terhadap pembentukan karakter kedisiplinan (1,75) terkategori baik; (2) pengaruh penggunaan gadget terhadap pembentukan karakater kedisiplinan sebesar (2,24) terkategori sangat baik; (3) pengaruh komunikasi orangtua-anak dan penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter kedisiplinan pada orang tua anak Playgroup Bee Bee Gym Puri Anjasmoro Semarang dengan hasil Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 41,755 > 3,93; (4) seberapa besat pengaruh komunikasi orangtua-anak dan penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter kedisiplinan sebesar 34,8% mempengaruhi 33,9% Simpulan penelitian ini adalah komunikasi orang tua dan penggunaan gadget memiliki pengaruh yang cukup besar pada pembentukan karakter kedisiplinan. Hal ini dapat dilihat pada R2 memiliki pengaruh sebesar 47%, sedangkan sisanya masih ada beberapa variabel lain di luar variabel ini yang menjadi faktor penyebab pembentukan karakter kedisiplinan, seperti misalnya lingkungan sosial, pola asuh, pendidikan, kematangan diri dan faktor-faktor lainnya. Saran peneliti yaitu untuk terus meningkatkan komunikasi orang tua dan penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter kedisiplinan pada orang tua serta memberikan kegiatan tambahan yang positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Orang Tua Anak, Penggunaan Gadget Dan Pembentukan Karakter Kedisiplinan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64560 |
Actions (login required)
View Item |