PEMBELAJARAN BERMAIN DAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK PURI MANDIRI SRAGEN
SHINTA AMALIA FAATIHAH, 1201417062 (2023) PEMBELAJARAN BERMAIN DAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK PURI MANDIRI SRAGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran melalui bermain dan bercerita pada anak usia dini. Penerapan penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran meliputi : (1) pembelajaran bermain dan bercerita dan (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran melalui bermain dan bercerita pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian yang terdiri dari Pengelola dan Pendidik atau Fasilitator. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data, serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran bermain dan bercerita anak usia dini di Taman Penitipan Anak Puri Mandiri meliputi pembelajaran bermain menggunakan balok dan pasir yang mampu untuk mengasah kreativitas serta merangsang syaraf motorik anak didik dan pembelajaran bercerita menggunakan media buku dongeng hewan atau cerita nabi dianggap lebih bisa dipahami oleh anak didik dan mampu untuk melatih berbicara dan menambah perbendaharaan kata pada anak. (2) Faktor pendukung pembelajaran melalui bermain dan bercerita adalah antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, kekompakan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, terjalin hubungan yang baik antara pendidik, peserta didik dan wali murid. Faktor penghambat pembelajaran melalui bermain dan bercerita adalah pendidik yang kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, pendidik belum bisa menghadapi karakter masing-masing peserta didik, dan peserta didik dengan kerewelannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (a) pembelajaran bermain dan bercerita di TPA Puri Mandiri dengan balok dan pasir mampu mengasah kreatifitas dan motorik anak dan bercerita dengan dongeng hewan atau cerita nabi mampu menambah perbendaharaan kata anak untuk melatih berbicara pada anak .(b) faktor pendukung yaitu pendidik, murid, sarana prasarana, dan lingkungan. Faktor penghambat yaitu karakteristik anak berbeda, anak rewel, dan kurangnya kreatifitas pendidik. Saran agar strategi pembelajaran anak usia dini lebih diperhatikan agar rancangan pembelajaran dikombinasi dengan metode lain yang beragam dan berinovasi yang lebih berkualitas untuk masa tumbuh kembang anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Bermain dan Bercerita, Anak Usia Dini |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64559 |
Actions (login required)
View Item |