LITERASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PAGUYUBAN PEDAGANG DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN


NUR FADLILAH, 1201417058 (2023) LITERASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PAGUYUBAN PEDAGANG DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201417058_ Nur Fadlilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan dalam penggunaan dan pemanfaatan literasi digital merupakan hal yang wajib dikuasai masyarakat untuk dapat mengikuti laju perkembangan zaman dimana beragamnya media sosial yang dimiliki dapat membantu dalam meningkatkan penghasilan paguyuban pedagang di Alun-Alun Bung Karno Ungaran melalui promosi pada jejaring sosial. Penelitian ini mendeskripsikan literasi digital sebagai sarana promosi, faktor penghambat, faktor pendukung untuk paguyuban pedagang di Alun-Alun Bung Karno Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi untuk mengetahui kegiatan jual beli dan perilaku pedagang secara langsung. Wawancara dengan koordinator lapangan, dua orang paguyuban pujasera, dua orang paguyuban pakarti, dua orang paguyuban PKL gotong royong dan dua orang paguyuban rental mainan. Dokumentasi berupa foto bukti penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital di Alun�Alun Bung Karno Ungaran dimulai dari rutinnya penggunaan smartphone oleh pedagang. Dalam rutinitas tersebut pedagang sering menggunakan media sosial ataupun platform e-commerce untuk melihat, membeli maupun membagikan konten produk mereka. Beberapa media sosial yang paling sering digunakan antara lain WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube, Shopee, Tokopedia dan Lazada. Pada pelaksanaannya terdapat beberapa faktor penghambat antara lain keterbatasan pengetahun, keterampilan, sarpras dan kurangnya tenaga fasilitator yang dapat membantu dalam kegiatan literasi digital dan niat yang rendah. Faktor pendukung terdapat beberapa spot Wi-Fi yang dapat digunakan, adanya sosialisasi tentang cara mengelola keuangan yang ditawarkan berupa diadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan paguyuban pedagang melalui kegiatan promosi, dan keinginan pedagang untuk memperluas pemasaran melalui media sosial. Paguyuban pedagang di Alun-Alun Bung Karno Ungaran menggunakan literasi digital sebagai sarana promosi untuk dapat meningkatkan penjualan produknya. Kegiatan promosi menggunakan jejaring sosial dapat memperluas jangkauan pasar sehingga meningkatkan minat pembeli untuk membeli produk. Saran peneliti bagi Dinas terkait yakni adanya perbaikan sarpras yang dapat menunjang kegiatan literasi digital dan untuk dapat mengadakan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM di Alun-Alun Bung Karno Ungaran yakni paguyuban pedagang. Bagi pedagang untuk dapat meningkatkan niat dan minat dalam mempelajari literasi digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Sarana Promosi, Paguyuban Pedagang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:53
Last Modified: 07 Oct 2024 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64558

Actions (login required)

View Item View Item