Hubungan Karakteristik Pembelajar Dewasa dan Procedural Knowledge dalam Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Pelatihan Microsoft Excel di PT. Sreeya Sewu Indonesia, Tbk
Ahmad Fikri, 1102418076 (2023) Hubungan Karakteristik Pembelajar Dewasa dan Procedural Knowledge dalam Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Pelatihan Microsoft Excel di PT. Sreeya Sewu Indonesia, Tbk. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran daring memiliki potensi yang besar untuk mendukung pembelajaran abad 21 terutama dalam hal life and career skills. Namun sayangnya potensi ini kerap diabaikan karena dianggap belum mampu menggantikan pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka. Namun di sisi lain, saat ini banyak sekali bermunculan kursus pelatihan daring yang banyak diikuti oleh orang dewasa terutama yang ingin mengembangkan keterampilan agar memiliki karier yang baik. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan: (1) Mengetahui hubungan antara karakteristik pembelajar dewasa dan keberhasilan pembelajaran daring, (2) Mengetahui hubungan antara procedural knowledge dan keberhasilan pembelajaran daring, (3) Mengetahui hubungan secara bersama-sama antara karakteristik pembelajar dewasa dan procedural knowledge dengan keberhasilan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan model asosiatif yang bertujuan untuk menguji hubungan antara variabel independen yaitu: karakteristik pembelajar dewasa dan procedural knowledge terhadap variabel dependen yaitu keberhasilan pembelajaran daring baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah 47 karyawan PT. Sreeya Sewu Indonesia Tbk yang mengikuti training Microsoft Excel yang dilaksanakan secara daring. Adapun teknik pengambilan sampel adalah total sampling yang menjadikan keseluruhan populasi sebagai sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebar angket skala likert ke seluruh responden melalui surel. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif antara karakteristik pembelajar dewasa dan keberhasilan pembelajaran daring, (2) Terdapat hubungan yang positif antara procedural knowledge dan keberhasilan pembelajaran daring, (3) Secara bersama�sama, terdapat hubungan yang positif antara karakteristik pembelajar dewasa dan procedural knowledge dengan keberhasilan pembelajaran daring. Hasil temuan penelitian ini berarti pembelajaran daring mampu memenuhi kebutuhan belajar orang dewasa terutama untuk pengembangan keterampilan yang bersifat praktis atau terapan. Maka tidak perlu ada keraguan mengenai manfaat pembelajaran daring. Yang diperlukan adalah bagaimana memanfaatkannya secara tepat dengan memperhatikan desain pembelajaran yang digunakan meliputi isi, sasaran, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajar Dewasa, Procedural Knowledge, Pembelajaran Daring |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:55 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64540 |
Actions (login required)
View Item |